Powered by Blogger.

Larry Page & Sergey Brin ~ Sang Pendiri Google



Siapa yang tidak tahu Google? Hampir semua orang di dunia mengeathui google dan bahkan menggunakannya hampir setiap hari. Google adalah search engine yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Dengan Google, kamu dapat mencari segala informasi yang ada di dunia ini hanya dengan mengetikkan kata kuncinya, bahkan tidak sampai lima menit kamu dapat menemukan informasi yang kamu inginkan.

Berikut ini saya akan memberikan informasi tentang orang yang mendirikan Google, bagaimana dia bisa membuat Google sehingga dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun dapat menjadi perusahaan raksasa ? Bagaimana dia bisa membayar puluhan hingga ratusan juta dolar kepada pengguna program Google AdSense-nya?

Biografi Larry Page




Larry Page adalah salah satu orang yang mendirikan search engine terbesar di dunia yaitu Google. Bersama Sergey Brin ia membuat dan mengembangkan Google.

Larry Page lahir pada tanggal 26 Maret 1973 di Lansing, Michigan, Amerika Serikat. Ia adalah anak dari pasangan Carl Page (ayah) dan Gloria (ibu). Larry Page adalah anak yang sangat pandai. Ia lulus dari Universitas Michigan dan Universitas Standford dengan gelar Bachelor of Science dalam teknik komputer dan Master. Mungkin kepintarannya ini diwarisi dari ibunda yang seorang profesor Ph.D. di bidang komputer Sains Universitas Michigan State University.

Biografi Sergey Brin




Sergey Brin adalah seorang keturunan Yahudi. Ia lahir di Moscow tanggal 21 Agustus 1973. Ayah (Michail Brin) dan Ibunya (Evgenia Brin) adalah seorang yang sangat berpendidikan tinggi . Keduanya ahli dibidang matematika.

Sergey Brin lahir dengan nama Sergey Michailovich Brin. Sejak kecil ia sangat menyukai matematika. Ayahnyalah yang sangat berperan menumbuhkan ketertarikannya pada matematika. Ketika Brin berusia enam tahun, ia dan keluarganya pindah ke Amerika Serikat. Brin mengenyam pendidikan dasar di Paint Branch Montossori, Adelphi, Maryland. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Elanor Roosevelt dan kemudian berkuliah di University of Maryland dan mendapat gelar Bachelor of Science dalam jurusan Matematika dan ilmu komputer. Brin kemudian berkuliah di Stanford University untuk memperdalam ilmu komputernya.

Di Stanford University inilah ilmu komputernya diasah. Ia sering menulis paper tentang data minning dan pattern extraction serta mengembangkann software yang mampu mengganti text menjadi HTML. Karena jasa Brin inilah saat ini jika kita memasukkan artikel di blog kita, kita tak usah pusing-pusing dengan HTML kodenya.

Awal Mendirikan Google




Google berdiri dengan proses yang tak disengaja. Saat masih mahasiswa, Lawrance Page atau Larry Page berteman dengan Sergey Brin, namun mereka berdua sering adu mulut. Entah kenapa suatu hari ada pembicaraan yang sangat cocok yang tidak membuat mereka adu mulut lagi. Pembicaraan itu mengenai search engine atau mesin pencari. Bersama-sama dua sekawan ini kemudian menulis makalah tentang "The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine" yang merupakan bibit dari Google.

Mereka kemudian bekerja sama dalam suatu proyek yang diberi nama SergeyandLarry. Disetiap pertemuan mereka terus membahas itu dan menyatakannya dengan membuat program komputer untuk mencari informasi tertentu yang diberi nama BackRub. Awalnya BackRub belumlah sempurna dan masih banyak kekurangan. Kemudian suatu hari ada seorang temannya yang bersedia memberi suntikan dana sebesar 100 ribu dolar asal nama backRub diganti dengan Google. Bahkan saat itu mereka belum mendirikan Google dan tak tahu apa itu artinya Google. 

Setelah ditelisik ternyata Google berawal dari kata Googol yang diplesetkan. Mereka terus menyempurnakan mesin pencarian mereka. Sebelumnya mereka pernah menawarkan kerjasama dengan beberapa perusahaan seperti Alta Vista namun ditolak. Walau begitu mereka tetap optimis untuk terus menjalankan Google.

Awalnya Google hanyalah sebuah mesin pencari informasi namun kemudian Google mengakuisisi Blogger, Youtube dan mengembangkan Google Chrome serta banyak aplikasi lainnya. Saat ini Google adalah mesin pencari dengan aplikasi terlengkap. 

Awalnya yang menjadi CEO adalah Larry dan Sergey sebagai CEO bersama namun setelah Google berkembang besar, mereka mengangkat Eric E. Schdimt sebagai ketua umum dan CEO Google.

Google




Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuk surat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Produk-produk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan.

Perusahaan ini memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OS untuk jajaran netbook Chromebook. Google sudah beralih ke perangkat keras komunikasi. Mereka bekerja sama dengan berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus-nya dan mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012.

Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya.

Pada bulan Desember 2012, Alexa menyebut google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia. Situs-situs Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100 teratas, sebagaimana halnya situs milik Google seperti YouTube dan Blogger. Google menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ. Dominasi pasarnya menuai kritik mengenai hak cipta, penyensoran, dan privasi.

Kantor Google




Google dilahirkan dari sebuah garasi rumah milik susan Wojcicki di Menlo Park California. Saat ini Google bertempat di Googleplex di sebelah selatan San Francisco yang dilengkapi dengan kolam renang, suasana kekeluargaan, makanan gratis tiga kali sehari, lokasi perawatan bayi bagi ibu muda, serta kursi pijat elektronis pun tersedia.

Kantor Google sangatlah santai, mereka tidak harus memakai baju berdasi dengan celana kain akan tetapi para karyawan bebas hanya memakai kaos dengan celana Jeans. Kita akan sangat jarang melihat orang yang ada di kantor Google menggunakan pakain jas resmi, kecuai sebagian tamu yang datang ke kantor Google. Ini semua ditujukan untuk mewujudkan suasana kerja yang santai tapi serius sehingga para karyawan bisa kerja dengan fresh sehingga dapat memberikan inovatif dan daya pikir yang kreatif terhadap perkembangan Google. Tak heran jika kemudian Majalah Fortune menjulukinya sebagai kantor terbaik di AS pada tahun 2007.

Saat ini Larry Page dan Sergey Brin termasuk 30 orang terkaya di dunia.
Share on Google Plus

About Agilblogspot

FriendlyTek adalah sebuah blog yang berisi topik tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi seperti komputer, gadget, internet, tokoh dan lain-lain.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment