Powered by Blogger.

NOKIA OZO, Kamera VR dari Nokia

Walaupun Nokia hiatus di pembuatan smartphone. Namun hal itu bukan berarti perusahaan asal Finlandia tersebut benar-benar sudah menyerah di industri teknologi.

Pada tanggal 28 Juli kemarin, bertempat di kota Los Angeles, Nokia menghelat sebuah acara yang ditujukan untuk ‘pemain’ industri hiburan. Dalam acara tersebut, tidak ada yang menyangka bahwa Nokia akan memperkenalkan sebuah kategori produk baru yang sebelumnya belum pernah mereka buat.

Produk tersebut adalah sebuah kamera VR (virtual reality) bernama Nokia Ozo. Keunggulan utama kamera ini adalah kemampuannya merekam video dan audio secara 360 derajat.

Nokia OZO adalah sebuah kamera VR untuk profesional yang diungkap pertama kali pada bulan Juli 2015 lalu. Kali ini kamera seharga 60 ribu dolar (sekitar 800 juta rupiah) tersebut telah siap dipasarkan melalui sistem preorder dan akan mulai dikirim di awal tahun 2016 nanti.



Di dalamnya, telah tertanam 8 sensor untuk menangkap gambar dari segala sudut. Namun yang lebih menarik, Nokia juga menyematkan 8 mikrofon sehingga video-video yang dihasilkan Ozo pun sanggup menyajikan audio surround yang terasa begitu immersive.

Rekaman videonya memiliki kecepatan 30fps yang disimpan dalam modul media SSD 500 GB. Untuk mengontrolnya terdapat aplikasi pengendali dari OS X dan Windows dengan sambungan Wi-Fi. Selain itu juga ada port HDMI dan keluaran render VR stereoskopik. Nantinya, hasil render akhir akan direkam dengan resolusi 8K x 10K dalam warna sRGB 10-bit.

Pihak Nokia melalui Paul Melin, wakil presiden of digital media, mengatakan bahwa OZO akan menjadi produk pertama dan nantinya mungkin akan ada produk-produk lainnya. Nokia juga telah menyediakan berbagai asesoris untuk OZO seperti modul baterai, cartridge memori, hingga docking station.



sumber :
TeknoUp dan Nokia
Share on Google Plus

About Unknown

FriendlyTek adalah sebuah blog yang berisi topik tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi seperti komputer, gadget, internet, tokoh dan lain-lain.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment